TIPS
MANAJEMEN WAKTU
Waktu begitu berharga bagi seorang remaja
muslim. Dapat dilihat, kebanyakan kita kurang dapat memenej waktu dengan baik. Akhirnya, semua tugas
jadi tertunda dan tertunda. Jadinya menumpuk dan urusan yang lebih urgent jadi
terbengkalai. Berikut ada tips bagus yang bermanfaat bagi kita untuk memenej
waktu.
1. Use a To Do List
Buat daftar kegiatan yang harus kamu lakukan.
Tidak hanya sebagai pengingat tapi juga sebagai alat agar kita bisa mengatur
waktu kapan harus selesai dan berapa lama kegiatan itu dikerjakan
2. Get Set In Your Ways
Buat rutinitas harian kamu dengan detail.
Manajemen waktu yang baik itu menunjukkan organisasi yang baik pula.
3. Break It Up!
Pecahkan tugas besar kamu menjadi tugas-tugas
kecil agar memudahkan kamu untuk menyelesaikannya karena kamu sudah
menyelesaikan tiap langkah satu persatu.
4. Be Realistic
Jangan memasang target waktu yang tidak masuk
akal, berikan waktu tambahan dari estimasi waktu yang diperkirakan.
5. Pick Up a Good Habit
Buat kebiasaan baru yang bisa
membuat waktu kamu lebih berharga.
6. Big Messes Start With Little Piles
Selesaikan pekerjaan kamu. Buang segala
sesuatu yang tidak dibutuhkan lagi begitu kamu sudah menggunakannya sebelum itu
memenuhi ruangan.
7. Start Tomorrow Tonight!
Biasakan untuk mempersiapkan hal-hal yang
akan dilakukan besok pada malam sebelumnya, seperti mempersiapkan baju yang
akan dipakai besok atau menaruh semua hal yang akan diperlukan pada tempatnya,
karena ini akan membuat waktu kita lebih efisien.
8. Don’t Forget To Write Yourself a Note
Gunakan reminder (pengingat) pada To Do List
utama kamu. Gunakan HP atau alarm jam tangan!
9. Schedule a Task
Hal termudah untuk dapat mengerjakan apa yang
ingin kamu kerjakan ialah membuat jadwal.
10. First Things First
Buat prioritas pekerjaan lalu buat jadwal
pada waktu yang sesuai. Menurut pengarang buku “Seven Habits” Stephen R. Covey
ada 4 level kepentingan dengan mempertimbangkan dua aspek, urgency
(kemendesakan) dan importancy (kepentingan) yaitu: (1) urgent dan important, (2)
tidak urgent tapi important, (3) urgent tapi tidak important, (4) tidak urgent
dan tidak important.
11. Learn to Say No!
Belajar untuk menolak ajakan yang tidak
penting dan dapat menggangu tapi lakukan dengan sopan. Kita harus fokus
terhadap waktu kita. Stay focus!
12. The Pause that Refreshes
Buat jeda waktu untuk istirahat pada
jadwalmu. Ini akan membuat kita refresh dan fokus akan “Apa yang dilakukan
selanjutnya?”
13. Be Flexible
Untuk membiasakan diri dengan manajemen waktu
yang efektif membutuhkan waktu yang tidak singkat.Jika ada pekerjaan yang tidak
bisa dikerjakan tepat waktu, jadikan jadwal kamu fleksibel dengan waktu yang
ada.
Ibnul Qayyim rahimahullah dalam Al Fawaid berkata,
اِضَاعَةُ الوَقْتِ اَشَدُّ مِنَ الموْتِ لِاَنَّ اِضَاعَةَ الوَقْتِ تَقْطَعُكَ عَنِ اللهِ وَالدَّارِ الآخِرَةِ وَالموْتِ يَقْطَعُكَ عَنِ الدُّنْيَا وَاَهْلِهَا
“Menyia-nyiakan waktu itu lebih parah dari
kematian. Karena menyia-nyiakan waktu memutuskanmu dari (mengingat) Allah dan
negeri akhirat. Sedangkan kematian hanya memutuskanmu dari dunia dan
penghuninya.”
Semoga Allah
memudahkan kita untuk memanfaatkan waktu kita dengan baik.!!!!!!!!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar